BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Cari Blog Ini

Jumat, 06 November 2009

Mobil Hybrid



Belakangan ini mungkin kita sering dengar atau bahkan lihat di iklan media mengenai mobil Hybrid (Hybrid Cars) tapi mungkin sebagian dari kita masih bertanya-tanya apaan sih itu?? Apa keuntungannya?

Mobil Hybrid itu sendiri adalah hanya sebuah sebutan dimana semua kendaraan yang menggunakan 2 sumber daya maka disebut mobil Hybrid, dalam hal mobil Hybrid menggunakan 2 sumber yaitu bensin dan baterai isi ulang.

Secara garis besar, karaketeristik mobil Hybrid adalah sebagai berikut:





Terdiri dari 2 mesin yaitu mesin yang menggunakan bensin sebagai sumber daya dan mesin yang menggunakan baterai isi ulang.

Biasanya mesin dibuat lebih kecil dari mobil-mobil yang ada saat ini untuk mengakomodasi 99% waktu perjalanan pada saat tidak melalui tanjakan atau sedang "ngebut".


Pada saat mobil berhenti seperti lampu merah maka secara otomatis mesin yang menggunakan bensin akan mati dan digantikan dengan mesin yang menggunakan baterai isi ulang tersebut.

Mobil dibuat lebih ringan dan aerodinamis sehingga dapat lebih meringankan kerja mesin mobil yang menggunakan baterai

Pro dan kontra:

- Mengurangi polusi karena dengan pemakaian baterai isu ulang, gas emisi yang dikeluarkan adalah nol.

- Tentu saja lebih irit bahan bakar dan bisa dibayangkan dengan kondisi di Jakarta yang tidak pernah tidak macet, berapa banyak "uang bensin" yang bisa dapat anda hemat?

- Untuk anda yang menyukai "kebut-kebutan" mungkin mobil Hybrid bukan pilihan ideal anda.:-)

- Agak sedikit merepotkan karena anda harus menyishikan waktu anda untuk mengisi ulang baterai mobil.

- Keterbatasan jarak tempuh mengingat mobil Hybrid menggunakan baterai isi ulang.



Cara kerja mesin listrik dengan prinsip regenerative (isi ulang/recharging saat kendaraan sedang beroperasi) pada mesin hybrid, berbeda dengan mobil tenaga listrik penuh. Mobil tersebut tidak bisa mengisi ulang listriknya. Bila listriknya habis, Batterai/aki harus di-charge secara khusus dengan waktu 8 hingga 12 jam (untuk teknologi charger onboard). Khusus mesin hybrid, mesin listriknya bisa mengisi ulang ke aki dengan memanfaatkan kinetic energy saat mengerem (regenerative brakeing). Bahkan sebagian energi mesin dari mesin bensin/solar/bio fuel saat berjalan listriknya bisa disalurkan untuk mengisi batterai/aki. Dengan sistem operasi seperti ini maka akan terjadi penghematan BBM. Di Kota Tokyo Jepang, truk dan bus sudah banyak yang memakai tenaga mesin system hybrid karena dinilai amat efisien/hemat BBM dan mengurangi polusi. Jenis mesin hybrid secara umum ada yang memakai sistem paralel dan sistem seri, namun yang paling umum adalah parallel. Mesin listrik pada kendaran hybrid sebenarnya hanyalah sebagai penunjang atau bisa disebut booster, pada mesin utama yang memakai bensin ataupun solar. Mesin listrik yang kecil pada kendaraan jenis hybrid tak akan kuat menjalankan mobil secara normal. Perkembangan teknologi mesin hybrid memang kini semakin pesat. Begitu pula dalam pengisian ulang listriknya yang semakin canggih, cepat, dan tenaga mesin listriknya semakin besar.



Dibuat oleh : Rachmat Kurnia
Diambi dari : id.wikipedia.org/wiki/Mobil_listrik
www.otakku.com/2007/08/04/mobil-hybrid

0 komentar: